Kamis, 02 Februari 2017

Research By Online

Dizaman serba canggihseperti ini, kegiatan researching dapat dilakukan dengan berbagai cara yang lebih simple dan praktis. Salah satu cara yang paling praktis adalah dengan research by online. Research by online adalah suatu pencarian informasi dan referensi melalui internet, dengan tetap memperhatikan aspek-aspek keilmiahan dari referensi tersebut. Dengan cara ini, tentunya akan lebih memudahkan kita untuk  dapatmengakses buku-buku, jurnal-jurnal, maupun referensi-referensi ilmiah lainnya yang kita butuhkan.
Dengan Research by onlone, kita dapat menemukan hal-hal penting untuk mengisi objek-objek ilmiah dalam suatu makalah, artikel, dan lain-lain. tanpa harus berdiri dari tempat duduk dan pergi menuju perpustakaan, keuntungan lainnya adalah, kita tidak perlu lagi megeluarkan banyak uang untuk membeli buku-buku yang ingin dijadikan referensi, cukup dengan modal kuota atau wifi, kita sudah dapat mendownload berbagai tulisan ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan referensi yang dibutuhkankan.
Research by online, diperoleh dengan cara mengakses search engine, yang menyediakan tulisan-tulisan ilmiah didalamnya. Ada beberapa search engine yang dikhusukan untuk tulisan-tulisan ilmiah, baik dalam bentuk jurnal, maupun buku. Google Books(Buku, Jurnal), Google Scholar(Buku, Jurnal), Onesearch(Buku, Jurnal), dan Moraref(Khusus Jurnal),  adalah beberapa diantaranya.
Beberapa jenis tulisan ilmiah diantaranya adalah:  Jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan buku ilmiah lainnya. Semuanya ini dapat ditemukan dalam beberapa search engine yang disebutkan tadi. Untuk mempermudah research by online, ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu:

1.        Persempit Pencarian, yaitu dengan mencari keywords (kata kunci) yang khusus, dan mengarah langsung kepada yang dicari
2.        Filter type, yaitu dengan menambahkan type tulisan yang dinginkan, mis; Pdf, Doc, Academia, dll (Tidak diperlukan dihalaman khusus jurnal)
3.        Perhatikan domain, yaitu dengan melihat dan memperhatikan alamat web dari tulisan yang diinginkan.


Setelah mendapatkan apa yang kita cari, maka langkah selanjutnya yaitu dengan cara mendownloadnya, dengan masuk ke websites tulisan tersebut, lalu klik download, atau jika type file sudah tercantum disisi kanan halaman search, maka hanya dengan meng-klik type filenya itu akan langsung terdownloadsecara otomatis.
Dengan beberapa cara ini, maka tulisan yang kita butuhkan akan lebih mudah untuk didapatkan,dan kebutuhan referensipun dapat terpenuhi dengan lebih simpel, mudah, dan praktis. Untuk itu mulailah mencoba menjadi researcher yang dapat memanfaatkan internet dengan baik, sehingga dapat membuat kegiatan researchinganda menjadi lebih mudah, dan efisien untuk dilakukan.

Catatan :

-Google Books;                               www.books.google.com
-Google Scholar;                            www.scholar.google.com
-Onesearch;                                         www.onesearch.id

-Moraref;                                             www.moraref.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar